Selasa, 17 April 2012
Mata Kuliah : Ilmu
Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan
Amin
Topik
Makalah
Peran Universitas
Gunadarma Dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya
Nama
: Muhammad Venza Utama
Npm
: 19111152
Kelas
: 1-KA36
Tanggal
Penyerahan Makalah : 18 April 2012
Tanggal
Upload Makalah : 19 April 2012
PERNYATAAN
Dengan
ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya
buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.
Apabila
terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100
untuk mata kuliah ini.
Penyusun
NPM
|
Nama Lengkap
|
Tanda Tangan
|
19111152
|
Muhammad Venza Utama
|
|
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji syukur kepada Allah swt atas berkat dan karuniaNya kepada saya
sehingga saya dapat menyelesaikan tugas Ilmu Budaya Dasar ini. Ilmu budaya
adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan dasar dan umum, mengkaji
hubungan tentang masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dimana ilmu budaya
dasar ini memiliki harapan agar setiap individu memiliki tanggung jawab
terhadap hal-hal yang terjadi di lingkungannya maupun di luar lingkungan
sekitarnya. Maka itu bagi setiap individu khususnya mahasiswa yang sedang
mempelajari ilmu budaya dasar diharapkan ikut berperan aktif dengan pemerintah
bersama lembaga pendidikan dalam pelestarian kebudayaan di Indonesia agar tidak
tergerus oleh kebudayaan asing yang terus-menerus masuk dimana budaya asing
tersebut dapat memungkinkan rusaknya
keaslian kebudayaan bangsa Indonesia. Pada intinya tujuan pembuatan makalah ini
yaitu menambah pengetahuan dan wawasan tentang Peran Universitas Gunadarma Dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya.
Sebagai
penulis saya menyadari terdapat kendala yang harus di hadapi dalam pembuatan
makalah ini. Maka dari itu saya mengucapkan terima kasih kepada:
1. Allah
swt atas Rahmat dan KaruniaNya sehingga tugas makalah ini dapat selesai
walaupun terdapat beberapa kendala.
2. Orang
tua yang senantiasa memberikan dukungan dalam bentuk moril maupun material.
3. Bapak
Muhammad Burhan Amin selaku dosen pengajar mata kuliah Ilmu Budaya Dasar yang
telah memberinya ilmunya sehingga penulis dapat membuat makalah ini.
4. Seluruh
pihak yang telah berpartisipasi selama penulisan makalah ini.
Akhir
kata penulis sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan
serta dalam penulian makalah ini dari awal sampai akhir.
Hormat
saya,
Muhammad Venza Utama
BAB
I PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Arus Globalisasi yang berjalan
seiring dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), telah
merubah wajah dunia saat ini. Akibatnya bukan hanya jarak yang terasa dekat,
tetapi sekat-sekat antara kebudayaan dan peradaban semakin tipis. Dari
perkembangannya, interaksi antar kebudayaan semakin intensif. Dizaman yang
serba modern ini sesuatu yang menyangkut dengan kegiatan budaya dianggap sudah
kuno dan ketinggalan zaman dan saat ini seseorang dituntut untuk bisa
menggunakan suatu teknologi komunikasi. Melalui teknologi komunikasi seseorang
dapat berbagi suatu informasi dengan cepat, tepat, dan akurat sehingga di zaman
yang serba modern dan instan ini manusia mau tak mau harus bisa menggunakan
fasilitas yang serba modern dan canggih. Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi
memiliki peran penting dalam kehidupan manusia saat ini.
Namun
permasalahannya, terjadi hegemoni antara satu kebudayaan dengan kebudayaan lainnya.
Demikian, terjadi pengikisan terhadap budaya tradisional (folk culture).
Parahnya masyarakat kita mengalami “culture shock” dimana terjadi kekacauan
budaya dari konfrontasi antar budaya.
Karena
itu penulis mencoba membahas “Peran
Universitas Gunadarma dalam Pelestarian Nilai-Nilai Budaya”. Universitas
sebagai lembaga pendidikan tidak bisa dipisahkan dengan mahasiswa. Dimana
mahasiswa memiliki kedudukan dan peranan penting dalam pelestarian seni dan
budaya daerah.
2.
Tujuan
Tujuan pembuatan makalah
ini:
1) Memenuhi
tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.
2) Menjelaskan
pentingnya peran Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai budaya.
3) Menambah
wawasan dan informasi penulis maupun pembaca.
4) Menghargai
serta mempertanggung jawabkan nilai budaya yang sudah ada.
5) Mengamalkan
pola budaya yang dianut pada kehidupan sehari-hari.
3.
Sasaran
Adapun pembuatan makalah ini ditujukan
agar semua pembaca memahami peran Universitas Gunadarma dalam melestarikan
nilai-nilai budaya khususnya budaya daerah dan mengetahui apa saja
kontribusinya. Dan bagi mahasiswa perlu diingatkan bahwa untuk memperkokoh
suatu budaya lokal bangsa sangat dibutuhkan bantuan mereka, karena mahasiswalah
satu-satunya penerus dalam membudidayakan kebudayaan yang di miliki Indonesia
setelah di tinggalkan nenek moyang kita agar kebudayaan yang kita miliki tidak
akan punah sampai kapanpun dan akan terus berkembang dan dilestarikan oleh
bangsa kita.
BAB II PERMASALAHAN
1.
Strenght
(Kekuatan)
1) Usaha
sadar untuk mengembangkan dan kemampuan peserta didik oleh Universitas
Gunadarma, berupa pengajaran mata kuliah soft skill ilmu budaya dan social.
2) Pelestarian
keanekaragaman nilai-nilai budaya.
3) Dalam
menyelenggarakan pendidikan Universitas Gunadarma memiliki tenaga pengajar dan
pendidik berkompetensi. Tenaga pengajar sangat penting peranannya disamping ada
juga untuk pendukung seperti sarana, kesejahteraan, kurikulum, dan sistem
penilaian.
4) Dimajukannya
unit kegiatan mahasiswa dibidang kebudayaan.
2.
Weakness
(Kelemahan)
1) Seringkali
ada jurang pemisah antara tua dan muda, terutama dalam hal pendapat, dosen
sebagai penjembatan jurang pemisah tersebut dengan membebaskan keterkaitan
mahasiswa pada masa ini dan mampu memandang jauh ke depan.
2) Tidak
adanya jurusan yang bisa membantu pelestarian daerah.
3) Kurangnya
mata kuliah yang mengajarkan tentang kebudayaan, sekalipun ada hanya bersifat
teori saja tanpa adanya praktek nyata terhadap kebudayaan minimal kebudayaan
yang telah menjadi budaya nasional.
4) Jarang
nya sosialisasi atau seminar kebudayaan dan juga pertunjukkan seni budaya di
lingkungan Universitas Gunadarma.
3.
Opportunity
(Peluang)
1) Kepercayaan
yang besar terhadap Universitas Gunadarma saat ini merupakan modal utama untuk
meningkatkan kualitas pendidikannya khususnya pada hal-hal yang menyangkut
kebudayaan dan juga nilai-nilai yang terkandung dari setiap budaya bangsa.
2) Indonesia
dipandang dunia Internasional karena keanekaragaman budayanya. Apabila budaya
lokal dapat dijaga dengan baik, Indonesia akan dipandang sebagai negara yang
dapat mempertahankan identitasnya di mata Internasional. Sehingga banyak bangsa
asing yang belajar kebudayaan kita dengan menuntut ilmu di lembaga pendidikan
negara Indonesia
3) Dengan
diakuinya Universitas Gunadarma sebagai universitas terbaik di Asia Tenggara maka
amat sangat mungkin dapat terjadinya pertukaran pelajar antar negara dimana hal
tersebut dapat menjadi peluang untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa
Indonesia melalui pengenalan budaya-budaya Indonesia.
4.
Threats
(Tantang/Hambatan)
1) Maraknya
budaya asing yang terus-menerus masuk sehingga banyak mempengaruhi generasi
muda tak terkecuali Mahasiswa Universitas Gunadarma.
2) Minat
mahasiswa untuk lebih mencintai kebudayaan sendiri sangat rendah, hal itu
dikarenakan persepsi mahasiswa yang menganggap kebudayaan sendiri ketinggalan
zaman.
3) Semakin
pudarnya nilai-nilai solidaritas social, keramahtamahan social dan rasa cinta
tanah air yang pernah dianggap sebagai kekuatan pemersatu bangsa Indonesia,
serta semakin menguatnya nilai-nilai materialisme.
4) Kemajuan
teknologi yang memudahkan pengaruh negatif budaya asing masuk.
BAB
III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1.
Kesimpulan
Universitas Gunadarma sebagai
lembaga pendidikan berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan dan keterampilan.
Maka dari itu untuk menjadikan suatu bangsa yang memiliki nilai-nilai budaya
haruslah diperkenalkan atau diadakan sosialisasi oleh pemerintah tentang budaya
nasional agar tidak semakin tergerus budaya asing yang terus-menerus masuk.
Seiring mulai maraknya sistem pertukaran pelajar antar negara, hal itu tentu
saja dapat menjadi peluang terbukanya jalan bagi budaya yang akan dibawa oleh
mahasiswa untuk memperkenalkan budaya bangsa Indonesia lebih di mata
Internasional.
2.
Rekomendasi
1) Harus
sering diadakannya seminar atau sosialisasi dibidang kebudayaan daerah agar
peserta didik dengan kesibukkan menuntut ilmunya masih ada waktu untuk mengenal
dan melestarikan budaya.
2) Membuka
jurusan perkuliahan yang dapat menjadi bentuk salah satu pelestarian
nilai-nilai budaya seperti sastra Jawa, Sunda, dan sebagainya.
3) Dibentuknya
forum antara mahasiswa dan dosen untuk menyamakan sikap dan berbagi pendapat
dan penilaian terhadap budaya sehingga nantinya tidak ada jurang pemisah lagi.
3.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar